banner

F.A.Q

Masalah Kadar Perak Dan Emas

Q : Berapa Kadar Perak dan emasnya (Kuning dan Putih)?
A : perak kami pakai kadar silver 925 (Sterling Silver yang merupakan standar internasional untuk perhiasan). Untuk emas kuning pada dasarnya kami memakai kadar 70% (bisa disesuaikan dengan keinginan berapapun kadarnya, yg drekomendasikan 80% kebawah. Untuk emas putih kami bukan platina, akan tetapi campuran dari emas kuning, palladium, dan perak. Kombinasi campuran 75:20:5ygmenghasilkan emas putih kadar 70%.

Q : Apa yang dimaksud dengan Perak 925 ?
A : Perak 925 (Sterling Silver) adalah Sterling Silver yang merupakan standar internasional untuk perhiasan). Perak 925 didapat dari hasil pencampuran 92,5% perak murni dengan 7,5% tembaga.

Q : Apa yang dimaksud dengan Perak Lapis emas putih (Rhodium) ?
A : Perak / Silver setelah akhir dari proses finishing sebenarnya sudah kilap. Tapi biasanya dirasa kurang kilap. untuk memaksimalkan kilap finishing dan menahan proses bereaksinya perak dengan asam yang ada pada keringat maka dilapis dengan rhodium. rhodium ini sering disebut perak lapis emas putih pada khalayak umum. Jadi yang dinamakan perak lapis emas putih adalah perak lapis rhodiu sebenarnya.

Q : Apa yang dimaksud Perak Lapis Emas kuning ?
A : maksudnya adalah perak yang berwarna kilap putih difinishing menjadi warna seperti emas kuning, hal ini agar perak dapat seperti dengan emas kuning. Untuk memperindah cincin biasanya dikombinasikan antara emas kuning dan emas putih rhodium).

Q: bagaimana dengan kualitas lapis?
A :kualitas lapis tentunya tidak sekuat asli emas, tentu saja bisa pudar. Seberapa lama tergntung dengan keseharian dan keringat pemakai.

Q : pengertian emas 24K, 23K, 22K, 21K, 20K,19K, dan 18K?
A : K adalah lambang dari Karat (Carat/Ct) merupakan ukuran kemurnian emas. Selanjutnya akan dijabarkan pada keterangan dibawah ini.
Menurut SNI (Standart Nasional Indonesia) – No : SNI 13-3487-2005 standard karat sbb:
Karat Kadar emas
24 K = 99,00 – 99,99%
23 K = 94,80 – 98,89%
22 K = 90,60 – 94,79%
21 K = 86,50 – 90,59%
20 K = 82,30 – 86,49%
19 K = 78,20 – 82,29%
18 K = 75,40 – 78,19%
Dari sini diketahui emas 22 karat akan mempunyai kadar sekitar 90.6% sampai 94.79%. Namun ternyata, pada prakteknya, ketentuan ini tidak digunakan. Seringkali toko emas memiliki ketentuan sendiri yang tidak mengacu pada SNI. Emas dengan kandungan 80% dapat diklaim sebagai emas 22 karat. Itulah mengapa emas di Indonesia selalu lebih tinggi (20-22 karat) dibanding emas di luar negeri (18-19 karat), meski sesungguhnya memiliki kandungan emas yang sama. Emas 20 karat di sini mungkin memiliki kandungan emas yang sama dengan emas 18 karat di luar.
Emas untuk perhiasan biasanya dicampur dengan logam lain. Hal ini karena emas murni (100%) sangatlah lunak dan sulit untuk dibentuk. Perhiasan dengan kadar emas 80% menyatakan bahwa kandungan emas dalam perhiasan tersebut adalah 80%, sedangkan 20% sisanya berupa logam campuran bukan emas.
Oleh karena itu janganlah terpaku pada karat. Namun perhatikan kadar kandungan emasnya. Jika anda ingin membeli emas, dan toko emas mengatakan emas anda senilai 20 karat, jangan ragu tanyakan berapa kadarnya dalam %. Karena sesungguhnya yang menjadi patokan harga adalah kandungan kadar emas dalam perhiasan. Semakin tinggi kadar emas dalam perhiasan, akan semakin tinggi pula harganya. Sekali lagi jangan terkecoh dengan karat.
Nah dari penjelasan diatas, kami pihak jogjabelanja.com akan melayani pemesanan emas dengan meminta kejelasan akan dibuat berapa persen kandungan emasnya, bukan berapa karatnya. Hal ini menyangkut dengan proses purna jualnya nanti.

Q : bagaimanakah dengan kualitas perak dan emasnya? Apakah bisa menghitam?berubah warna? Menjadi kusam?
A : perak pada dasarnya akan teroksidasi (menghitam/kusam) dengan keringat,vernis, air laut, belerang, dan zat kimia yang terdapat dalam lotion. Berapapun kadarnya akan sama saja, karena ini merupakan sifat asli perak. Begtu juga emas. Lama kelamaan juga akan mengusam. Nah disinilah perlunya perawatan. Bisa dengan cara sederhana mencuci dengan buah lerak, air hangat dengan detergen, dengan silbo, atau bisa serahkan kami , kami akan proses polis kembali.

Masalah Batu / mata / Berlian

Q : jenis batu apa yang dipakai ?
A : untuk yang paketan kami memakai batu jenis zirconia / American diamond (AD) alias sintetis. Untuk memakai berlian/permata asli kami melayani. Untuk pengujian dan proses sertifikasi berlian kami tidak memiliki kapabilitas, sehingga bisa menggunakan pihak ketiga.

Q: bagaimana kualitas batu-batu yang anda jual
A: batu-batu mulia yang kami jual adalah kualita AD (sintetis). Untuk batu mulia natural tidak mungkin semurah itu.

Masalah Pembelian

Q : bagaimana dengan pembayaran?
A : pembayaran bisa dilakukakn dengan full payment.untuk pembayaran dengan sistem down payment (DP), pembayaran untuk pemesanan perak minimal DP 50% dan untuk emas pembayaran DP minimal 75%.
Q : berapa lama proses Produksi?
A : lama proses Produksi perak 6-9 hari kerja, untuk Emas 14hari kerja. Ini pada keadaan normal, jika overload maka kami akan konfrmasi ulang.

Q : bagaimana dengan nota (sertifikat)?
A : untuk emas kami mengeluarkan nota dan surat keterangan produk. Untuk perak tidak ada,jika menginginkan akan kami buatkan.

Q : apakah perak dan emas bisa dijual kembali ke toko lain atau ke kami?
A : untuk produk perak kami tidak menerima pembelian hanya penjualan. Kalau ke toko lain tergantung dengan tokonya. Untuk emas kami bisa membantu menjualkan kembali .ke toko lain seharusnya bisa karena kami memakai emas asli. Sekali lagi tergantung dengan kebijakan toko masing –masing.

Q : apakah kami dapat dipercaya ?
A : insyaAlloh kami pasti amanah. Boleh berkunjung ke rumah kami. Alamat kami di jalan gambirsawit no 3, RT 37< RW 10, UH V, Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta, DIY, 55161,

Q : jasa pengiriman yang anda pakai?
A : untuk emas kami menggunakan RPX-FEDEX, untuk perak menggunakan JNE. Jasa pengiriman bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan. Mengenai ongkir dan garansi tentunya disesuaikan dengan pihak jasa pengiriman.